SOSIALISASI TRANSAKSI BOS NON TUNAI TA 2020 DINAS PENDIDIKAN KOTA SURAKARTA BERSAMA BANK JATENG

Selasa, 18 Februari 2020 - 16:40:45 WIB
Diposting oleh : OPERATOR (BIDANG DIKDAS SD)
Kategori: umum - Dibaca: 99 kali




Surakarta..Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah metode pemanfaatan memperluas transaksi non tunai terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Metode tersebut dinilai lebih transparan serta efisien.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati SH, MH. Menurut Beliau, kebijakan ini merupakan perubahan pada model pembayaran, yang sebelumnya dibayar tunai ke penyedia jasa kini harus transfer melalui rekening.

“Kebijakan untuk mengubah transaksi dari tunai ke non tunai. Non tunai sebenarnya hanya cara penyampaian transaksinya, jadi tidak ada perubahan secara mendasar. Ia menjelaskan, sekolah yang berada di Kota Surakarta sudah melaksanakan transaksi non tunai sejak 2018-2019. Adanya transaksi non tunai ini tidak hanya bermanfaat untuk transparansi. Dalam menggunakan dana BOS ini juga untuk kebutuhan di sekolah.

“Dalam transaksi non tunai ini ada kemudahan untuk melakukan transaksi. Dengan adanya dana BOS non tunai ini transparan dan efisien dalam menggunakan dana tersebut,” katanya.

Kemudahan dalam transaksi non tunai ini bendahara tidak perlu membawa uang secara tunai. Terlebih dirinya pun tak menemukan kendala saat program ini benar-benar diaplikasikan. “Mudah mudahan penggunaan anggaran bisa berjalan sesuai dengan peruntukannya,” ucapnya.

Ia mengatakan, jika ditunjang dengan teknologi atau aplikasi, maka program tersebut akan sangat membantu. Alasannya, saat ini program tersebut belum bisa dilaksanakan sepenuhnya secara non tunai.

“100 persen tidak bisa non tunai, karena harus datang ke bank untuk transaksi. Jika ingin membeli suatu kebutuhan, kalau dengan penggunaan teknologi atau aplikasi sangat membantu dan waktu pun bisa lebih efisien,”

 


Download File :KEGIATAN SOSIALISASI BOS DENGAN TRANSAKSI NON TUNAI BERSAMA BANK JATENG.docx